Sony Xperia Z1 yang Tak Kunjung Usai Diperbaiki

Selasa, 15 April 2014, 1 bulan 3 minggu lebih smartphone Sony Xperia Z1 Saya berada di Sony Xperia Service Center (‘Xperia Care’) ITC Roxy Mas. 1 bulan 3 minggu lebih waktu yang dibutuhkan oleh Xperia Care untuk memperbaiki Xperia Z1 saya yang tidak bisa connect charger dan connect USB walaupun sudah saya coba menggunakan magnetic charger. Nomor IMEI Xperia Z1 saya: 358091059418282 dengan nomor service RO/MBE01/14/02/000844, atas nama Dimas Chandra Kuat Safreza Rabu, 5 Febuari 2014. saya membeli sony xperia Z1 di Best Denki, Puri Indah Mall.
Seluruh kondisi hp sudah saya cek, dan dalam kondisi baik. Karena setelah dites, Sony Xperia Z1 yang Saya beli tidak ada masalah maka Saya langsung pulang. Rabu, 26 Febuari 2014. xperia Z1 saya tidak bisa connect dengan charger, padahal malam harinya saya men-charge xperia Z1 saya tidak ada masalah. Saya coba dengan charger blackberry, magnetic charger, colok ke laptop tetap saja tidak bisa. Padahal saya baru 2 minggu beli Sony Xperia Z1, yang belum pernah sama sekali saya celupkan/siram dengan air. Pemakaian juga normal gak pernah kebanting sama sekali. Bahkan sticker belakang belum saya cabut. Jum’at, 28 Febuari 2014. Saya datang ke Service Center Sony di ITC ROXY MAS.
Cukup heran dengan antrian segitu banyak hanya 1 customer service yang melayani pengaduan pelanggan. Saya mendapatkan nomor antrian 50, sedangkan saat itu baru nomor antrian 32. Saat giliran saya tiba ada bapak-bapak yang marah-marah karna hpnya yang sudah 3 bulan di service tak kunjung selesai, sedangkan beliau jauh-jauh datang dari bekasi, menurut saya wajar kalau bapak itu marah-marah. Saya menyerahkan Xperia Z1 saya dengan customer service yang sebelumnya menanyakan kwitansi pembelian.
Karena saya tidak membawanya mba customer servicenya menanyakan kapan kira-kira saya membeli, saya menjawab “kalo gak salah januari/febuari mba” mbanya nanya lg “awal apa akhir?” saya bilang “awal” dan ditulis disitu kalo saya membeli barang pada 5 januari 2014 (setelah pulang, saya cek struk pembelian. transaksi ternyata 5 febuari 2014). Setelah data cukup lengkap customer servicenya menjelaskan bahwa perbaikan paling cepat selama 2 minggu, jika hp saya sudah selesai diperbaiki saya akan di hubungi. mbaknya juga mencatat nomor tlp service center di bon servicenya.
Karena sebelumnya saya baca di forum kaskus, sony akan mengganti unit baru kalau selama 2 minggu belum selesai di service, saya gak permasalahin. Karna sudah 3 minggu hingga kini belum ada informasi dari sony service center perihal hp saya yang di perbaiki, saya mencoba menghubungi nomor yang tercatat di bon yang dikasih customer service. Setiap saya telpon tidak pernah nyambung, sekalinya nyambung nomornya sibuk.
Saya heran, kenapa produk sebagus sony tapi pelayanan pelanggannya sangat buruk. Sebelumnya saya sering liat keluhan xperia user yang kecewa dengan pelayanan service center sony. Kenapa sony meremehkan kepuasan pelanggan? Padahal tanpa pelanggan Sony tidak ada apa-apanya. Setahu saya, Hp yang di service lebih dari 2 minggu harusnya diganti dengan unit baru. Sekarang Hp merupakan barang yang sangat dibutuhkan, bahkan penjualan saya tersendat karna service yang tak kunjung selesai. Apakah slogan Xperia Care: 2 minggu tidak selesai service, akan diganti unit baru hanya sekedar iming-iming sony saja?
Apa harus dimasukkan ke surat pembaca dulu? Keluhan kami baru ditindak lanjuti. Sabtu, 29 Maret 2014 Saya menghubungi nomor yang tercatat di bon yang dikasih customer service, karna sudah sebulan HP saya tidak ada kabarnya. Sama saja selalu sibuk setiap kali di telp, akhirnya setelah 5 kali saya coba baru nyambung. Customer service yang mengangkat tlp tersebut bilang kalau Xperia Z1 saya terjadi kerusakan mesin, sudah di coba perbaiki tetapi masih tidak bisa. Harus di ganti mesin yang baru di kantor pusat. Saya bilang “Kalo harus penggantian mesin kenapa gak sekalian diganti unit baru aja? kalo ganti mesin kan lama waktu memperbaikinya. Saya harus nunggu berapa bulan lagi? sudah 1 bulan HP saya gak selesai-selesai diperbaiki sedangkan saya baru memakai HP itu 3 minggu.
Terlalu buang-buang waktu. Saya mengajukan pergantian unit baru”. Mas yang mengangkatnya bilang, itu kebijakan pusat untuk mengganti HP yang rusak dengan unit baru tapi masnya bilang akan mencatat pengajuan saya. Dan saya disuruh menunggu 2 minggu hari kerja dan HP saya akan segera dikirim ke pusat. Saya setuju untuk menunggu 2 minggu Sabtu, 12 April 2014 Saya kembali menghubungi service center sony, dan lagi-lagi saya dikecewakan karna HP saya yang di kantor pusat belum diperbaiki masih menunggu mesin dari singapore. Dan saya disuruh harus menunggu (LAGI). Berapa lama hp saya yang pasti selesai diperbaiki, mbak customer servicenya tidak bisa menjamin. Dia bilang akan mengajukan untuk mempercepat proses perbaikan, ketika mesin datang langsung di pasang.
Saya hanya bisa mengikuti permainan Sony Service Center Indonesia Saya kecewa dengan pelayanan sony, saya baru memakai/membeli Xperia Z1 3 minggu bahkan belum ada sebulan tapi 1 bulan 3 minggu lebih juga hp saya tak kunjung selesai di perbaiki. Bila sparepart yang tidak tersedia menjadi alasan, saya mengajukan penggantian unit baru karena saya layak mengajukan penggantian unit baru. Jika memang pihak sony tidak mau mengganti unit baru, saya meminta pengembalian uang seharga Xperia Z1 yang saya beli. Saya harap Sony Mobile dan Xperia Care membaca surat Saya ini dan segera melakukan konfirmasi dan Saya berharap Sony Mobile dapat memperbaiki layanan servicenya. Terima kasih.

Niken Ayu Budiarti

Jl. HJ Nimin II No. 15C, Rawa Buaya, Cengkareng

No comments:

Post a Comment